KNPI DIY MENGIKUTI PERINGATAN HARI NUSANTARA

IMG-20161213-WA0002[1]

Yogyakarta_Selasa pagi Pengurus KNPI DIY mengikuti upacara Peringatan Hari Nusantara di Stadiun Mandala Krida yang diperingati setiap tanggal 13 Desember. Peringatan Hari Nusantara Desember digelar dalam bentuk apel upacara, peringatan tersebut dipimpin langsung Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen TNI Fajar Setyawan.(13/12).

“Deklarasi Djuanda merupakan tonggak penyatuan wilayah NKRI yang utuh, dan diantara pulau yang satu dengan lain tidak terdapat laut internasional. Sehingga melalui pernyataan diri sebagai Negara Kepulauan, maka laut bukan pemisah tetapi pemersatu bangsa. Melalui Deklarasi Djuanda ini pula, maka prinsip-prinsip wilayah laut negara kepulauan kemudian diterima, sehingga wilayah laut Indonesia bertambah luas menjadi kurang lebih 5,8 juta km2,” papar Danrem dihadapan ratusan peserta apel upacara.

Peringatan Hari Nusantra sendiri dihadiri kurang lebih 1000 peserta yang terdiri dari personel TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), siswa sekolah OKP serta KNPI DIY. Hadir pula para pejabat FKPD DIY dan FKPD Kota Jogja. Setelah pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Naskah Deklarasi Djuanda, Irup membacakan Pidato Menteri Kelautan pada amanat upacara.

Membacakan amanat Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Danrem menjelaskan, bahwa momen Hari Nusantara, selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan bercirikan nusantara, juga dimaksudkan untuk mengubah pemahaman terhadap ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat.

“Hal ini tentunya ditujukan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumberdaya alam laut bagi kesejahteraan masyarakat, sebagaimana visi pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” tegas jenderal bintang satu itu.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *