Festival Film Pendek DPD KNPI DIY

Festival Film Pendek

Dewasa ini media sosial begitu mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan bangsa, bahkan bisa dibilang media sosial sudah menjadi trend center bisa positif dan juga negatif. Oleh sebab itu KNPI DIY sebagai bagian dari wadah perkaderan para penerus bangsa ingin mempersembahkan suatu kegiatan yang mampu melahirkan karya-karya positif agar nantinya mampu mewarnai konten-konten media sosial secara poitif. Salah satu upaya DPD KNPI DIY adalah menyelenggarakan Festival Film Pendek (FFP) dengan tema “Nilai-nilai Kebhinekaan Indonesia dan Keistimewaan Yogyakarta”.

Kenapa film pendek? Film merupakan karya seni yang banyak diminati masyarakat lintas usia, juga sebagai alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak melalui media cerita. Film pendek dipilih karena biaya produksi yang rendah, durasi yang singkat, dan dapat dibuat oleh tim kecil. Diseminasi film pendek juga dapat dilakukan melalui berbagai media elektronik dan media sosial seperti Instagram dan YouTube.

FFP ini mengangkat tema “Nilai-nilai Kebhinekaan dan Keistimewaan Yogyakarta” dengan tujuan peserta dapat menyajikan bagaimana pemuda mampu berbhineka tunggal ika sebagai wujud persatuan Indonesia yang mana kita ketahui, ahir-ahir ini banyak konten-konten di media sosial yang memicu perpecahan bangsa. Selain itu peserta juga diharapkan mampu mengeksplorasi apa itu keistimewaan Yogyakarta. Pemuda bisa menjadi kreator konten positif dan mengkampanyekannya secara massif.

Film pendek ini mempunyai ketentuan durasi 5 menit, isi dan tema harus non partisan, tidak mengandung unsur SARA, pronografi, dan hal-hal lain yang bertentangan dengan etika, norma, dan hukum yang berlaku. Selain harus original (bukan jiplakan dari film lain), apabila ide film ini berasal dari adaptasi karya sastra atau pengalaman hidup, harus disebutkan sumbernya. Musik ilustrasi juga hendaknya karya orisinal, apabila karya pihak lain, harus menyertakan surat izin.

FFP terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya pemuda dan gratis, peserta dapat mendaftar secara perorangan maupun kelompok dengan mengisi formulir yang dapat diunduh di www.knpidiy.com mulai tanggal 13 Juni 2017 kemudian formulir dikirim kembali melalui email ke ffpknpidiy@gmail.com paling lambat 28 Juli 2017 dan juga sebagai batas ahir pengiriman karya festival.

FFP akan melibatkan para juri yang kompeten yaitu : Wregas Banutheja (Sutradara), Butet Kertaradjasa (Seniman), BW Purba Negara (Sutradara), dan Fitroh Nurwijoyo Legowo (Ketua DPD KNPI DIY). Pemenang FFP ini akan mendapatkan Trophy, Sertifikat, dan uang pembinaan senilai Total Rp.8.500.000. Puncak acara FFP ini akan ditutup dengan Workshop Videografi pada tanggal 02 September 2017. Tujuannya untuk memberikan edukasi bagaimana karya videografi itu bisa dihargai dengan mahal.

Pemuda itu, Kreator!!!!!!

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *