DPD KNPI DIY Gelar Sekolah Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi

(Kulon Progo, 02 April 2017), DPD KNPI DIY bersama Pemuda dan Karang Taruna “Tunas Karang Kemuning” desa Brosot menggelar Sekolah Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari yang diikuti oleh 50 peserta terdiri dari perwakilan pemuda dari 22 pedukuhan dan pengurus Karang Taruna Desa Brosot.

Satria, Ketua Karang Taruna Desa Brosot menyampaikan bahwa generasi muda sangat perlu membekali diri dengan wawasan dan ketrampilan dalam berorganisasi. Nilai-nilai kepemimpinan dan kemampuan dalam berorganisasi adalah hal penting sebagai bekal menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Menurut Satria, Karang Taruna sebagai wadah pemuda di desa, harus mampu sinergis dan berdampingan dengan stake holder di tingkat desa bahkan Kabupaten. Dan oleh karena itu, pihaknya menggandeng DPD KNPI DIY untuk menggelar agenda Sekolah Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi. Kegiatan ini sekaligus sebagai langkah awal dalam membekali kepengurusan baru yang dipimpinnya, yang belum lama ini dilantik. Kegiatan tersebut juga mendapat respons sangat positif dari masyarakat dan pemerintah desa Brosot, lanjut Satria.

Fitroh Nurwijoyo Legowo selaku Ketua DPD KNPI DIY memberi respons cepat dengan mendelegasikan perwakilan dari DPD KNPI DIY untuk memfasilitasi sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan sehari penuh yang dibagi ke dalam tiga sesi materi; Kepemimpinan, Manajemen Organisasi, dan Public Speaking (komunikasi organisasi). Hadir sebagai pemateri pada sekolah itu Wahyu Minarno, Husni Mubarok, Ari dan beberapa pengurus yang lain. Kegiatan yang dilaksanakan di MTs Negeri Galur tersebut, dimulai pada pukul 16.00 dan berakhir pada pukul 21.40.

“Ini adalah awal, sekaligus sebagai pilot project bagi KNPI DIY dan organisasi kepemudaan manapun. Kita akan agendakan kegiatan sekokah seperti ini di desa-desa yang lain. Generasi muda DIY harus siap menyambut bonus demografi dan perubahan-perubahan di masa yang akan datang dengan kesiapan yang matang. Untuk itulah, DPD KNPI DIY berusaha semaksimal mungkin untuk terlibat dan fokus di sana”, tutup Ketua DPD KNPI DIY dalam penjelasannya.(Wahyu Minarno)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *