Diskusi Bersama PMII Komisariat UIN Sunan Kalijaga

DPD KNPI DIY – Ketua DPD KNPI DIY, Fitroh Nurwijoyo Legowo, menyempatkan diri untuk berdiskusi bersama kawan-kawan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Su-Ka) Yogyakarta (11/10/15). Tidak banyak memang, hanya sekira belasan kader PMII cukup khidmad membahas persoalan gerakan mahasiswa dengan tema “Regenerasi Pergerakan Mahasiswa”.

“Menengok kembali sejarah pergerakan nasional Indonesia, justru gebrakan pemuda yang tampil dengan gagah berani menuntut kemerdekaan dan melawan dengan gigih kolonialisme, meski dengan resiko ditangkap, disiksa, dan diasingkan. Tetapi membawa hasil yang cemerlang, pada 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya yang diwakili oleh Soekarno,” ungkap Fitroh.

Melihat kenyataan di atas, regenerasi pergerakan mahasiswa harus dibangun dengan baik. Perekrutan dan pendidikan kader haruslah menjadi prioritas utama, agar kelak menghasilkan kader-kader muda yang mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik yang berdasar pada Pancasila.

Penuh semangat, kader PMII komisariat UIN Su-Ka memberikan tanggapan beraneka ragam. Dialog berlangsung dengan hangat, sampai tak terasa sudah lebih dari 2 jam berdiskusi. Tanpa seremoni formal, diskusi berakhir dengan membawa semangat pergerakan nasional Indonesia pada tahun 1920-an.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *